Tuesday, May 6, 2008

Memberikan “Penghargaan” akan membuat anak berkembang

Agar kemampuan seseorang berkembang, hal yang sangat penting adalah menemukan kelebihan-kelebihan (segi positif) yang dimilikinya dan memberikan “penghargaan” terhadap hal-hal tersebut. Misalnya,

kita telah melakukan sesuatu dengan usaha yang sungguh-sungguh, manakah yang lebih menambah semangat, antara ucapan “Ah, itu kan memang sudah seharusnya dilakukan oleh seorang ibu…” atau ucapan,”Terima kasih, berkat kamu saya telah terbantu…”?

Bagaimana pun juga, berikanlah “pujian” apabila anak kita telah berbuat hal-hal yang positif. Di Kumon, anak mempelajari pelajaran yang pasti bisa dikerjakannya asal mau berusaha, maka kita punya banyak kesempatan untuk bisa memberikan pujian atas usahanya tersebut. Sayangnya, banyak orangtua yang cenderung menunjukkan sisi negatif anaknya. Mungkin karena sikap rendah hati. Orangtua dari anak yang pandai, bila mendapat pujian “Wah, anaknya pintar ya…”, biasanya akan menjawab, “Ah, tidak juga.” Bila anak selalu mendengar ucapan Ibunya seperti itu, maka meskipun tadinya ia adalah anak yang pandai, lama kelamaan semangatnya menurun dan mulai berpikir bahwa mungkin dirinya memang tidak bisa. Akibatnya prestasinya menurun dan akhirnya ia merasa “Betul, saya memang anak yang tidak pintar.”Jadi, apabila ada orangtua yang merasa ”Tidak ada hal-hal yang bisa dipuji” pada anaknya, berarti orangtua tersebut membuat anak merasa “Saya memang tidak mampu.”

Memang kebanyakan dari kita mengakui bahwa kita lebih mudah memuji anak orang lain. Memuji anak sendiri tidaklah selalu mudah. Kendati kita sudah mengetahui pentingnya memberikan pujian kepada anak, nemun hal tersebut tampaknya “mudah diucapkan, tetapi sulit dilakukan”. Akan tetapi, bila kita terus berusaha melakukan hal tersebut, bagi kita orangtua, pun dapat berkembang. Berkat anak-anak, kita pun menjadi berkembang secara manusiawi. Bisa dikatakan, anak-anak merupakan “guru” bagi kita, agar kita dapat lebih berkembang. Orangtua yang mau berubah, mau belajar, adalah orangtua yang betul-betul rendah hati dan jujur. Dan anak-anak yang dibesarkannya pasti berkembang.

Jadilah orangtua yang mulia. Karena anak adalah cermin orangtuanya dan orangtua adalah cermin anaknya. Bila kita dapat memberikan pujian yang tulus kepada anak, pasti hasil belajarnya akan meningkat pesat.

(dari :Nilai Metode Kumon 1 by Tokuhiro Kimata)

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka