Wednesday, July 13, 2011

SEMUT KECIL

Film anak-anak sekarang banyak mengangkat tokoh binatang. Ada Nemo, Ants, Lion King, Ice Age dan banyak lagi. Semua menyampaikan inspirasi sekaligus pesan berharga bagi hidup manusia.

Kita bisa belajar dari apa yang dilakukan binatang-binatang tersebut. Semut kecil menunjukkan kecakapan mengantipasi dan membekali diri menghadapi musim dingin, pelanduk kecil memeragakan kesanggupan mencari tempat berlindung karena ia sadar tak punya pertahanan diri yang dapat diandalkan dan belalang kecil menunjukkan kedisiplinan untuk tahu “berbaris rapi” memimpin diri sediri tanpa dikomando. Mereka tahu mengendalikan diri.

Bukankah kita memerlukan semua kecakapan hidup seperti yang mereka tunjukkan? Guna menghadapi tantangan masa depan, kita harus tahu membekali diri. Untuk mengatipasi bahaya, kita haru menempa kesanggupan berjaga-jaga, tahu menjaga diri. Agar mampu menghindari atau mengurangi dampak negatif ketidaktertiban dan keteledoran, kita harus disiplin memimpin diri sendiri, tahu mengendalikan diri.

Begitu pula dengan anak-anak. Proses belajar di Kumon merupakan sebagian dari proses mempersiapkan diri menghadapi masa depan. Mereka belajar tekun, tidak mudah menyerah, disiplin, mandiri dan mengerjakan materi di atas tingkatan kelas agar tidak kesulitan dalam memahami pelajaran di sekolah. Semua kecakapan memerlukan latihan berulang-ulang sampai menjadi suatu kebiasaan yang baik. Dan ini adalah bekal yang bisa kita berikan kepada anak-anak kita sehingga mereka siap mempimpin diri sendiri menghadapi masa depannya.

Banyak hal dalam kehidupan ditentukan oleh kemampuan kita mengelola potensi diri. Bagi anak-anak, kita bisa membantunya dengan menggali potensinya secara maksimal.

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka