Wednesday, July 27, 2011

AGATHA CHRISTIE


Agatha Christie adalah penulis cerita misteri terkenal di dunia. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa lima buku pertama yang ia tulis gagal total. Tidak laku. Menghadapi kegagalan tersebut, Christie tidak putus asa. Ia bertekad untuk menulis lagi sambil belajar dari kegagalannya. Hasilnya buku keenamnya mendapat sambutan luar biasa. Sejak saat itu Christie sukses. Ia pun bertekad untuk terus menulis. Minimal satu buku dalam setahun. Ketekunannya tersebut mendorongnya menjadi penulis produktif. Ia berhasil menulis 66 cerita misteri, ditambah 6 novel, dan banyak cerita pendek.

Kerja keras yang kita lakukan biasanya tidak langsung memberi hasil seperti yang kita harapkan. Kerja keras harus dibarengi dengan ketekunan. Seorang petani, tidak cukup hanya bekerja keras merawat tanamannya setiap hari. Ia harus sabar dan bertekun menunggu sampai hujan turun dan musim panen tiba. Tanpa ketekunan, ia akan menjadi jemu bahkan berhenti bekerja sebelum panen tiba. Sudah keburu patah semangat melihat tanamannya tak kunjung berbuah.

Proses belajar anak di Kumon pun demikian. Dengan berlatih keras mengerjakan lembar kerja, kita berharap hasil luar biasa segera tampak. Nyatanya tidak selalu. Dalam proses ini anak dan orangtua menjadi jemu dan patah semangat.  Mundur saat hasil belum seperti yang diharapkan. Sayang sekali. Kumon juga memberikan hal lain selain kemampuan Matematika dan Bahasa Inggris, yaitu ketekunan. Bagaimana seorang anak akan berhasil dalam kehidupannya kelak, tidak hanya tergantung pada kemampuannya, melainkan juga karena ketekunannya. Berikan kesempatan bagi anak untuk melatih ini sejak awal, sehingga ia bisa menghadapi masa depannya dengan lebih baik.

Banyak orang gagal, bukan karena kurang mampu melainkan kurang tekun. Jadi tetaplah bertekun dalam membimbing anak melewati masa jemu dalam belajar. Never give up!

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka