Sunday, July 31, 2011

MOTIVASI vs CARA


Sebuah jalan tol di California, Amerika Serikat, ada kemacetan parah pada 12 Oktober 2010. Peristiwa itu terjadi karena Imperial Stars, sebuah grup band beraliran rock, mengadakan konser di jalan tol dengan menggunakan truk sebagai panggungnya. Dalam keterangan di internet, Imperial Stars mengatakan bahwa konser tersebut memang sengaja diadakan dan didedikasikan untuk membantu anak-anak tunawisma. Namun karena tidak ada izin dan menyebabkan empat dari lima jalur tol yang tersedia tertutup, pihak kepolisian pun turun tangan. Setelah truk disingkirkan dengan bantuan mobil derek, para pemusik ditahan dengan tuduhan mengganggu lalu lintas.

Jika kita mempunyai niat yang baik, jangan lupa untuk memperhatikan cara yang akan kita pergunakan untuk mewujudkannya. Bila tidak, maka tujuan yang baik menjadi ternoda oleh pelanggaran hukum atau terjebak pada hal yang merugikan orang lain. Seperti juga saat pelaksanaan Ujian Nasional yang lalu. Begitu banyak protes dan laporan tentang “contek masal” yang diberitakan. Tujuannya tentulah baik, agar anak-anak dapat lulus dengan nilai yang baik. Tetapi cara “mencontek” ini merugikan sebagian anak yang  sungguh-sungguh berusaha dan belajar. Selain itu tujuan pendidikan yang mulia menjadi ternoda.

DI kelas Kumon, anak-anak belajar melalui proses yang bukan instant. Setiap anak maju sesuai dengan kemampuan masing-masing karena bimbingan dilakukan secara individual. Segala sesuatu memang sulit, sebelum hal itu menjadi mudah. Mungkin beberapa siswa merasa lelah karena pengulangan atau saat memahami materi baru, namun penghargaan kita bagi siswa adalah karena mereka mau terus berusaha. Pujian bagi usaha ini menjadikan hasil akhir yang merupakan tujuan  dapat terwujud dengan cara yang baik. Bukan hanya baik, pengalaman belajar seperti ini memberikan keyakinan pada diri anak-anak, untuk tetap bersemangat berusaha dan tidak berlaku curang yang tentu bisa merugikan orang lain. Mereka akan dengan bangga bisa mengatakan, “Aku bisa, karena aku mau mencoba dan berusaha!”

Pastikan motivasi yang baik juga didukung dengan cara yang baik.

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka