Saturday, September 19, 2009

Peregangan yang baik


Setelah operasi penggantian lutut, seseorang pasien harus menjalani terapi fisik yang menyakitkan. Sebagai bagian dari terapi rutin yang harus dijalani, terapis akan menarik lututnya sampai kaki menekuk serta meregangnya dengan kuat.
“Peregangan yang baik,bukan?” kata terapis.
“Tidak, ini menyakitkan,” jawabnya sambil meringis kesakitan.

Namun segera ia memahami betapa pentingnya meregangkan otot dan persendian seseorang agar dapat bergerak secara penuh. Terkadang hal itu memang menyebabkan rasa tidak nyaman.

Dalam proses belajar di Kumon, hal ini sering terjadi. Saat di mana level pelajaran yang dikerjakan oleh siswa terasa sebagai “peregangan” yang membuat mereka keluar dari zona nyamannya. Tetapi hal ini adalah “peregangan yang baik” yang dapat menguatkan kemampuan mereka melampaui tingkatan kelas. Biasanya ini saat-saat rawan bagi anak-anak untuk memutuskan cuti atau berhenti. Padahal pengalaman keluar dari kenyamanan ini justru menjadi bagian penting pembentukan karakter anak. Berhenti pada saat merasa susah, bosan atau lelah mengajarkan anak-anak untuk menyerah. Padahal di kehidupan mereka selanjutnya, kemampuan untuk bertahan ini sangat berguna, bahkan sampai dewasa. Dengan belajar mengalahkan rasa tidak nyaman atau melewati kesulitan, anak-anak akan bisa maju dengan lebih baik di level selanjutnya. Tidak heran bila kita melihat anak-anak yang belajar di atas tingkatan kelas lebih nyaman mengerjakan lembar kerjanya. Mereka sudah mempunyai karakter kuat untuk melewati kesulitan sekaligus mendapatkan ketrampilan lebih dengan belajar mandiri. Biasanya di saat anak belajar 2 atau 3 tingkat di atas kelas, mereka sudah bisa belajar sendiri dari contoh soal. Yang diperlukan adalah perhatian dan dorongan semangat dari orangtua.

Ketika anak-anak melewati masa “susah” itu, cobalah bertahan. Anda mungkin terkejut, betapa “peregangan yang baik” dapat menguatkan kemampuan anak dan memunculkan potensi besarnya.

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka