Wednesday, August 27, 2008

Bagaimana Anak mampu belajar lebih efektif di rumah?

Untuk mencapai kecakapan tertentu, bukan hanya kuantitas belajar yang penting, tetapi kualitas lebih memegang peranan. Dengan cara belajar dan waktu yang tepat, seorang anak akan lebih cepat menguasai pelajarannya.
Sebenarnya setiap orang mempunyai pola berpikir dan belajar yang berbeda, namun beberapa hal ini dapat menjadi panduan untuk memaksimalkan cara belajar di rumah.

# Belajar sambil mendengarkan musik
Hampir semua anak menyukai musik. Bila anak suatu saat mengalami hambatan belajar, musik menjadi salah satu alternatif untuk membantu konsentrasnya dalam belajar. Irama lagu yang paling pas adalah lagu yang iramanya mirip detak jantung ibu. Lagu klasik Mozart, Bach, serta beberapa tembang daerah pegunungan dianggap cukup baik untuk mengiringi anak belajar.
Beberapa anak yang memiliki kecakapan auditorial, sering lebih efektif belajar bila mendengarkan apa yang dipelajarinya. Belajar di rumah lebih memungkinkan hal ini, dengan merekam pelajaran dan mendengarkannya pada saat yang tepat (biasanya menjelang tidur).

# Rangsangan belajar indera pandang (visual)
Salah satu pilihan gaya belajar ini adalah dengan “mind map”. Cara ini cukup efektif dan produktif karena mengerahkan semua ketrampilan otak kiri dan otak kanan. Caranya dengan menggambarkan topik utama di tengah kertas dan membuat cabang dan ranting untuk subtopik-subtopik berikutnya dengan menuliskan kata kunci. Penggunaan warna yang serasi dan gambar-gambar akan memaksimalkan hasil belajarnya.

#Belajar dengan mengulang
Pada umumnya untuk mendalami informasi dan kemudian menyimpan di memori jangka panjang, membutuhkan pengulangan. Anak-anak menyukai pengulangan. Cerita yang sama berulang-ulang, menyanyi lagu berulang-ulang dan sebagainya. Pengulangan yang dilakukan secara bijaksana memberi kesempatan anak untuk mempunyai memori yang hebat. Bukan hanya pada masa kanak-kanak, tetapi di sepanjang hidupnya.

#Belajar dengan mengajar
Model belajar ini sebetulnya juga bentuk pengulangan. Hampir semua orang mengalami dan mengakui, bahwa cara terbaik untuk memahami dan mendalami sesuatu adalah dengan cara mengajarkan apa yang dipelajarinya kepada orang lain. Anak-anak akan sangat bergairah bila mereka diminta untuk mengajarkan apa yang dipelajarinya di sekolah kepada orang-orang di rumah, terutama orang tuanya. Selain menarik, dengan cara ini anak-anak memperoleh pendalaman dari pengajarannya.

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka