Wednesday, July 23, 2008

Selangkah demi Selangkah untuk Mencapai Keberhasilan

Banyak orangtua lebih memikirkan hasil test berhitung anaknya di sekolah dalam waktu dekat daripada merasa gembira dengan kemampuan berhitung anaknya. Orangtua lebih merasa khawatir dan mencari-cari apa yang belum dikuasai anaknya dan tidak pernah merasa puas. Bila anaknya dapat menghitung dengan cepat, mereka menuntut untuk bisa mengerjakan soal-soal cerita, menuntut bisa mengerjakan soal-soal geometri, dan seterusnya… sampai kapanpun selalu khawatir. Kemudian mereka mulai berpikir bagaimana caranya untuk meningkatkan nilai pelajaran sekolah dengan waktu yang lebih singkat dan tidak menyulitkan orangtua. Mereka lebih tertarik untuk meningkatkan nilai berhitung di sekolah saat ini saja dan merasa merasa mengerjakan lembar kerja setiap hari terlalu lambat.
Tetapi sebenarnya kebanyakan orangtua “gagal” mendidik anaknya karena berpandangan seperti itu. Mereka ingin seperti ilmu sihir yang langsung dapat meningkatkan nilai pelajaran anaknya di sekolah dalam sekejap. Di dunia ini, untuk mendapatkan keberhasilan hanya dapat dicapai dengan melakukan langkah demi selangkah, dengan terus-menerus berusaha secara kontinu. Ini adalah kebenaran yang tidak pernah berubah. Sama seperti kita mendaki gunung yang tinggi, di mana kita harus mendaki selangkah demi selangkah.
Yang paling penting di dalam kehidupan adalah memiliki target yang besar, dan untuk mewujudkannya adalah “berusaha dengan tekun selangkah demi selangkah”. Selangkah yang sepintas kelihatannya sepele.
Tentu saja, dalam proses perjalannyanya, wajar bila terkadang ingin menyerah. Tetapi orang yang sejak kecil telah memiliki pengalaman dapat mengatasi ketika akan menyerah, dan memiliki pengalaman bisa mencapai level yang tinggi dengan berusaha terus setiap hari, pada saat mengalami hal seperti itu pun, pasti tidak akan menyerah.
Di Kumon, kita mempunyai target besar yaitu Matematika SMA. Dalam proses pencapaiannya dengan mengerjakan lembar kerja setiap hari secara kontinu. Melalui pengerjaan lembar kerja, dapat dikatakan anak-anak mempelajari kehidupan yang luar biasa. Tidak banyak kesempatan untuk bisa mendapatkan pengalaman seperti ini. Seperti mendapatkan pendidikan moral untuk kehidupan. Betapa luar biasanya untuk bisa mencapai keberhasilan itu.
Untuk bisa mencapai puncak gunung yang tinggi, hanyalah dengan mendaki selangkah demi selangkah. Ingat kembali, bahwa KUMON bukan hanya meningkatkan kemampuan belajar saja, tetapi juga merupakan system belajar yang membuat anak dapat menguasai pelajaran dengan baik.

(diambil dari Nilai Metode Kumon 1 oleh Tokuhiro Kimata)


No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka