Monday, July 28, 2008

Belajar dari Atlet

Kesuksesan seorang atlet adalah pada saat meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan. Perjuangan untuk mencapai kesuksesan sangat mirip dengan proses mencapaian kemenangan seorang atlet. Kuncinya adalah mempunyai mentalitas juara. Sikap apa yang perlu kita miliki untuk bisa mempunyai mental pemenang dan meraih kesuksesan?

Satu, GOAL. Setiap atlet mempunyai tujuan yang jelas dan biasanya mereka mempunyai target yang bertahap untuk mencapai tujuan utama. Hal ini membuat atlet giat dan berjuang keras menjadi juara. Dalam mencapai kesuksesan pun kita perlu mempunyai tujuan yang jelas. Tanpa memiliki mimpi, tujuan atau sasaran yang jelas, kita tidak pernah bisa maksimal meraih kesusesan.

Dua,KEULETAN. Apakah seorang atlet selalu menjadi juara dan tidak pernah kalah? Tentu tidak.Yang penting apakah atlet tersebut memiliki keuletan dan ketekunan yang teruji. Dalam meraih kesuksesan ada waktunya kita mengalami kegagalan,namun pastikan kita tidak menyerah dan berani bangkit untuk mencapai kesuksesan.

Tiga,SPORTIVITAS. Seorang atlet tidak hanya dituntut untuk menang, tetapi juga memiliki nilai-nilai sportivitas dan melawan segala bentuk kecurangan. Kesuksesan yang diraih tanpa nilai-nilai sportivitas biasanya tidak akan bertahan lama.

Empat,ENJOY. Rasa enjoy membuat atlet menikmati apa yang mereka lakukan, sekalipun mereka harus mengikuti serangkaian latihan yang melelahkan. Kita pun perlu menikmati apa yang kita kerjakan, sehingga kualitas hasilnya akan istimewa.

Lima,OPTIMIS. Salah satu faktor penting meraih kemenangan adalah sikap positif. Seorang atlet harus optimis bahwa ia akan keluar sebagai pemenang.Milikilah sikap optimis dalam melakukan hal apapun juga. Sikap optimis dan positif memberikan motivasi yang luar biasa untuk meraih keberhasilan.


No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka