Saturday, February 11, 2012

BATU PERMATA


Apa yang akan dilakukan oleh seorang perajin batu permata bila menemukan batu permata yang baik? Ia akan membentuk, mengasah, dan memoles batu itu supaya makin indah dan makin kemilau cahayanya. Hanya perajin yang bodoh yang mengambil palu dan menghancurkan batu itu berkeping-keping.

Setiap anak bagai batu permata indah. Sebagian mungkin sudah tampak indah dari luar, namun sebagian besar keindahannya masih tersembunyi. Orangtua tak ubahnya seperti perajin permata yang menemukan keindahan pada diri anak-anaknya dan membentuk, mengasah, dan memoles mereka hingga makin berkilau. Keindahan anak-anak akan muncul sebagai akibat dari proses “asah-asih-asuh” orangtuanya.

Di kelas Kumon, anak-anak juga diasah kemampuannya agar muncul potensi secara maksimal. Prosesnya selalu individual, karena seperti batu permata, masing-masing anak mempunyai keindahannya yang unik. Tak heran bila di Kumon berbagai macam karakter anak dapat belajar di kelas yang sama. Proses “mengasah” ini tidak selamanya mudah, namun tidak pula terlalu sulit. Anak-anak belajar sesuai kemampuannya dan diasah sesuai tahapannya. Bila ada saat di mana mereka merasa “susah”, itu adalah saat mereka belajar “berusaha lebih kuat”. Setelah terlewati, mereka bisa bilang, “ternyata tidak sesulit yang dibayangkan”. Nah, tampaklah kemilaunya lebih bercahaya!

Menurut anda, mana yang lebih pintar di antar keempat “Rudy” ini: Rudy Habibie, Rudy Hartono, Rudy Hadisuwarno, atau Rudy Choirudin? Jawabnya tergantung dari mana kita mau menilainya. Kalau tentang pesawat terbang, Rudy Habibie ahlinya. Dalam hal bulu tangkis, Rudy Hartono juaranya. Tata rambut dan kecantikan, Rudy Hadisuwarno orangnya. Makanan lezat dan masak-memasak, Rudy Choirudin tentunya. Tiap-tiap “Rudy” istimewa dan pandai dalam bidang masing-masing.

Setiap anak istimewa dan unik. Bagai batu permata yang bila diasah dengan baik akan memancarkan keindahannya masing-masing.

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka