Saturday, February 25, 2012

ARAHKAN LAYARMU !


Perhatikan gerak perahu layar di lautan. Mana yang lebih menentukan arah gerakan perahu : arah angin atau arah layar ? Jawabannya : arah layar !
Angin dapat bertiup kencang dari mana saja dan ke mana saja, tetapi perahu dapat berlayar menuju tujuannya. Buktinya, kadang angin bertiup dari arah selatan, namun perahu itu dapat berlayar ke arah barat atau timur. Bahkan, pelaut yang handal dapat berlayar melawan arah angin. Pelaut memang tidak dapat mengubah arah angin, tetapi ia bisa mengubah arah layarnya sehingga dapat membawa perahu itu berlayar menuju ke tempat yang dikehendakinya.

Gambaran ini sangat dekat dengan kehidupan kita sebagai orangtua. Kita tidak dapat mencegah pengaruh lingkungan pada tumbuh kembang anak-anak. Bisa saja lingkungan meniupkan hal-hal yang negatif yang menyebabkan arah bimbingan kita menyimpang dari tujuan semula. Namun kita bisa menaklukkan angin negatif tersebut dengan mengarahkan layar pada pendidikan yang baik sesuai dengan tujuan yang sebenarnya.  Mungkin sesekali orangtua harus melawan arah angin tersebut, bila memang pengaruh lingkungan membuat perjalanan kedewasaan anak-anak sepertinya mulai terseret arus yang tidak benar. Melelahkan tentu saja , akan tetapi itulah tugas kita sebagai orangtua. Arahkan perahu kehidupan anak-anak tetap pada tujuan yang baik. Kelak saat dewasa, mereka bisa mengendalikan kehidupannya juga pada tujuan yang mulia seperti yang diajarkan orangtuanya.

Hidup adalah pilihan. Kita dapat memilih dihanyutkan pada angin yang buruk atau kita berusaha mengendalikannya dan mengalahkannya. Arahkan layar pada tujuan yang baik, sehingga kita bisa mengantar perahu kehidupan anak-anak pada kedewasaan yang baik juga.

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka