Monday, April 15, 2013

BELAJAR DARI CONTOH SOAL

Salah satu permainan yang disukai anak-anak adalah merakit mainan pesawat. Saat membuka kotak mainan baru sebenarnya yang tampak pertama adalah buku petunjuk,  tetapi biasanya anak-anak mengabaikannya.  Pikir  mereka, tidak perlu mengikuti buku petunjuk, mereka sudah tahu pasti bagaimana merakit bagian demi bagian dari mainan tersebut.  Namun ketika telah merekatkan beberapa bagian dengan lem, baru disadari bahwa ada bagian kecil yang terlewatkan, misalnya lupa menaruh pilot di ruang kokpitnya.

Di Kumon, siswa dibimbing untuk belajar melalui contoh soal. Tetapi terkadang anak-anak mengabaikannya dan langsung mengerjakan latihan tanpa membaca dan memahami contoh soal terlebih dahulu, sampai kemudian menyadari bahwa ada yang tidak dipahaminya pada langkah hitungannya. Saat itu biasanya mereka akan datang pada pembimbing atau asisten untuk bertanya.  Bila itu terjadi, kami akan bertanya apakah ia sudah membaca contoh soalnya?  Kemudian membimbingnya melalui contoh soal,  supaya siswa mengerti dengan sendiri penyelesaian untuk soal yang ditanyakannya.  Langkah ini menjadi hal penting di Kumon, karena melatih anak-anak menemukan solusi dengan menelaah soalnya. Dengan bimbingan seperti ini, diharapkan anak-anak mempunyai kemampuan belajar mandiri.

Setiap langkah, urutan bahan pelajaran di Kumon disusun sedemikian rupa sehingga kita tidak melewatkan hal-hal yang terlihat sepele yang berdampak tidak baik di level selanjutnya. Berawal dari sikap belajar, cara memegang pensil,kebiasaan belajar setiap hari, sampai kemampuan berhitung yang kuat yang semuanya akan membuat mereka tidak kesulitan saat belajar matematika tingkat lanjut. Sesederhana membaca buku petunjuk saat merakit mainan pesawat, begitulah anak-anak disiapkan menghadapi masa depannya.  Jadi, jangan lupa baca petunjuknya ya !?

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka