Wednesday, June 6, 2012

SI MUNGIL MOTIVATORKU

Kegembiraan atau kebahagiaan seringkali datang di saat yang tidak terduga. Seperti sebuah kejutan yang menyenangkan.  Saya sering mengalaminya justru di saat sibuk bekerja bahkan lelah. Rasa senang memberikan energi baru yang membuat sisa hari itu terasa ringan.

Beberapa hari yang lalu, di hari kelas, saya mendapatkan kejutan itu  dari si mungil Mieke yang berteriak girang, “Ibu Ria, aku sudah hafal perkalian 7!”
Beberapa saat sebelumnya ia tampak muram dan bilang susah menghafal perkalian 7. Kemudian saya dan Mieke berlatih bersama mengurutkan perkaliannya.  Dengan memberi  sedikit “clue” bila ia lupa, dengan senang Mieke mengingatnya. Saya mendampinginya hanya sebentar, tidak lebih dari  5 menit. Tetapi setelah itu ternyata ia menghafal dengan sungguh-sungguh. Dan setelah hafal dengan baik, segera menghampiri saya dengan “kejutan yang menyenangkan” itu. Luar biasa bagi saya, melihat seorang anak di usia belia begitu gigih berusaha mengalahkan rasa “sulit”. Sore itu saya mendapatkan energi baru, melakukan tugas saya dengan lebih semangat. Hadiah ini saya dapatkan dari gadis mungil Mieke yang usianya baru 6 tahun, masih kelas 1 SD! Lagi-lagi saya belajar dari anak-anak.

Sebelum pulang, Mieke masih berkomentar, “Habis ini perkalian 8!” Wow, dia siap dengan tantangan baru! Sambil tos-tosan saya tambah semangat.  Kalau Mieke tidak takut dengan tantangan kesulitannya, saya pun tidak boleh lemah dengan masalah. Dia motivator saya sore itu, lebih dari seorang Mario Teguh ^_^

Pelajaran hidup sebenarnya banyak di sekeliling kita, namun kita perlu bersikap terbuka dengan lingkungan dan peka terhadap kejadian di sekitar.  Kepekaan juga membuat kita dapat menemukan kebahagiaan yang lebih banyak di sepanjang kehidupan. Kebahagiaan yang tentu saja diikuti oleh rasa syukur.

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka