Tuesday, August 4, 2009

Malas Belajar dan mengerjakan PR?



Saat mendengar kata “belajar”, banyak anak yang enggan untuk melakukannya. Orangtua seringkali harus berteriak-teriak menyuruh anaknya belajar atau mengerjakan PR, sementara anak-anak lebih memilih untuk bermain atau menonton televisi.
Sebenarnya PR yang diberikan bermanfaat untuk anak agar dapat berlatih mempunyai rasa tanggung jawab terhadap suatu tugas. Namun banyak kendala yang sering dialami orangtua dalam mengatasi anak yang malas mengerjakan PR.
Tentunya orangtua ingin anaknya menjadi pintar dan tidak ketinggalan pelajaran, tetapi bagaimana caranya agar anak senang belajar dan mengerjakan PR? Mungkin beberapa tips ini bisa membantu.

1. Menjadi contoh yang baik. Saat orangtua mnyuruh dan mengawasi anak belajar, usahakan orangtua juga terlihat seperti mempelajari sesuatu. Misalnya dengan membaca buku atau menulis sesuatu. Sesekali ajak anak berdiskusi mengenai suatu topik yang hangat. Dengan demikian anak melihat bahwa orangtuanya pu belajar sama seperti mereka.
2. Memilih waktu belajar yang baik. Ketika anak lelah, ia akan enggan belajar. Pilih waktu di saat ia merasa segar. Anda bisa mencoba pada sore hari setelah mandi atau mengerjakan PR sebelum acara TV favoritnya mulai. Hal ini memudahkan anak untuk selalu ingat jam belajarnya dan akan memotivasi mereka untuk belajar serius dan cepat.
3. Membuat jadwal belajar. Anak cenderung malakukan sesuatu dengan pasti. Jadwal belajar rutin membuat anak mengerti bahwa jam yang ditentukan tersebut merupakan waktunya untuk belajar.
4. Mengenali daya konsentrasi anak. Setiap anak mempunyai daya konsentrasi yang berbda-beda. Apabila anak mempunyai daya konsentrasi yang pendek, maka kita perlu memberikan istirahat sejenak disela-sela waktu belajarnya.
5. Memberikan bantuan saat anak membutuhkan. Pada saat kesulitan, coba membantu dengan menjelaskan bagaimana cara untuk menyelesaikan soal tersebut, sehingga anak dapat mengerjakan tugasnya tanpa harus terjebak pada soal yang sulit.

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka