Thursday, January 29, 2009

Mencapai Puncak

Dua orang pemuda mendaki gunung untuk melihat matahari terbit. Dua jam berlalu, selama waktu itu mestinya mereka sudah tiba di pucak. Namun, mereka baru menempuh setengah jalan, karena kerap berhenti kelelahan. Tiap kali beristirahat, mereka melihat pemandangan indah di bawah. Godaan di hati acap kali muncul :”Buat apa naik lagi? Di sini saja pemandangannya sudah indah!” Setelah tiba di puncak, barulah mereka menyadari betapa mereka rugi apabila berhenti mendaki. Pemandangan di puncak ternyata jauh lebih indah daripada di tempat-tempat perhentian.
Perjalanan belajar di Kumon ibarat pendakian menuju
puncak. Di pertengahan jalan terkadang timbul rasa lelah, bosan dan sulit. Godaan terbesar yang seringkali muncul adalah rasa telah cukup lama berjuang dan hasilnya sudah tampak, buat apa berjuang lagi? Akhirnya kita berhenti. Sama seperti pendaki yang tergoda untuk berhenti karena pemandangannya sudah terlihat indah.
Puncak dari belajar di Kumon adalah untuk menjadi completer. Lulus Kumon sampai akhir. Sebelum mencapai puncak, saat timbul rasa penat, tentu godaan untuk menyerah akan timbul. Titik jenuh awal biasanya hanya karena kebiasaan belajar belum terbentuk dengan baik. Ini masih sangat awal, hasil belum terlihat dengan jelas. Jangan menyerah hanya karena rasa malas. Kebiasaan belajar perlu sekali dibentuk di awal masa belajar. Godaan berhenti muncul dikala siswa mulai belajar di atas tingkatan kelas. Justru ini awal siswa belajar mandiri. Biasanya akan mengalami sedikit kesulitan karena materi pelajaran baru mulai dikenalkan dan siswa dilatih untuk belajar dari contoh soal. Kemampuan siswa umumnya sudah baik, kelancaran belajar pun sudah terbentuk. Hasil belajar sudah terlihat. Tapi ini belum seberapa. Hasil terbaik masih harus diraih. Harus terus maju. Kesulitan tidak untuk ditinggal dengan sikap menyerah, harus dikalahkan. Kelak ini menjadi bekal siswa menjadi pribadi yang kuat dan tekun. Bila siswa berhasil mencapai puncak, mereka akan menyadari betapa jauh lebih indah pemandangannya. Jauh lebih banyak manfaat dan rasa puas berhasil mengalahkan kesulitan. Ini menjadikan keyakinan mereka bahwa dalam hal apapun mereka tidak akan mudah menyerah. Akan ada yang jauh lebih indah saat mencapai puncak.
Di sepanjang perjalanan belajar di Kumon, ada saat-saat penuh godaan untuk berhenti. Tetapi untuk mencapai hasil yang terbaik, jangan pernah kalah dan menyerah. Capai garis akhir, menjadi completer, dan rasakan betapa indahnya bisa mencapai puncak.

No comments:

Kumon Candraloka on Facebook

discuss with student

discuss with student

Class of Kumon Candraloka

Class of Kumon Candraloka